Apa Itu Carding?

http://leppyhitam.blogspot.com/2014/10/apa-itu-carding.html
Ente pernah dengar istilah carding? Mungkin pernah. Carding merupakan salah satu kejahatan di internet yang berupa penipuan dalam proses perbelanjaan, yaitu dengan berbelanja menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain yang diperoleh secara illegal dan biasanya dengan mencuri data di internet. Sasaran yang dituju oleh carder (sebutan bagi para penipu di internet) adalah website berbasis E-commerce yang memungkinkan database-nya menyimpan puluhan bahkan ratusan kartu kredit, paypal atau data nasabah bank. Biasanya carder melakukan carding dengan cara fraud ataupun phising. Terdapat banyak karakteristik kejahatan carding yang terjadi, diantaranya:
  1. Minimized Physical Contact (tidak adanya kontak secara fisik)
    System modus ini adalah carder  tidak perlu mencuri kartu kredit secara fisik, tapi cukup  dengan mengetahui nomornya, pelaku sudah bisa melakukan aksinya.
  2. Non violance (tanpa kekerasan)
    Pelaku tidak melakukan kekerasan secara fisik seperti  ancaman yang menimbulkan ketakutan sehinga korban memberikan harta bendanya.
  3. Global
    Karena kejahatan ini terjadi lintas negara yang mengabaikan batas-batas geografis dan waktu.
Menurut riset Clear Commerce Inc, perusahaan teknologi informasi yang berbasis di Texas – AS , Indonesia memiliki carder terbanyak kedua di dunia setelah Ukrania. Sebanyak 20 persen transaksi melalui internet dari Indonesia adalah hasil carding. Akibatnya, banyak situs belanja online yang memblokir IP asal Indonesia. Kalau kita belanja online, formulir pembelian online shop tidak mencantumkan nama negara Indonesia. Artinya konsumen Indonesia tidak diperbolehkan belanja di situs itu.

Saat ini terjadi pergeseran pola carding. Dulu carder lebih mengincar barang-barang yang mahal dan langka, kini uang yang dicari. Misalnya, kini marak carding untuk perdagangan saham secara online. Pelaku carding dari Indonesia berfungsi sebagai pihak yang membobol kartu kredit, dan hasilnya digunakan oleh mitranya di luar negeri untuk membeli saham secara online. Keuntungan transaksi itu kemudian ditransfer ke sebuah rekening penampungan, yang kemudian dibagi lagi ke rekening anggota sindikat.

0 Response to "Apa Itu Carding?"

Post a Comment

Gunakanlah form komentar dengan bijak :)